PERENCANAAN
DALAM MANAJEMEN
PELAYANAN
KEBIDANAN YANG BERKAITAN
DENGAN
INPUT, PROSES DAN OUTPUT

DI
SUSUN OLEH
KELOMPOK
I
NAMA :
1.
EKA
MARTHA SUPRIHATIN
2.
INDAH
PURNAMA SARI
3.
NURUL
HASANAH
4.
TANTI
AWALIA
5.
WIJI
SULASTRI
6.
DATIK
MARWANTI
AKADEMI
KEBIDANAN
TUNAS
HARAPAN BANGSA PALEMBANG
TAHUN
AKADEMIK 2012/2013
KATA
PENGANTAR
Assalamualaikum
wr.wb
Dengan menguapkan puji syukur atas
kehadirat ALLAH SWT berkat rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah dengan
judul ” perencanaan
dalam manajemen
Pelayanan
kebidanan yang berkaitan Dengan input, proses dan output”
Makalah ini dibuat dalam rangka pembelajaran Organisasi
dan manajemen pelayanan kesehatan di semester V Akademi Kebidanan Tunas Harapan
Bangsa Palembang. Dalam makalah ini penulis mengalami hambatan dan banyak
terdapat kekurangan, namun berkat bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak
akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH SWT, Penulis
menyadari banyaknya kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarnakan
keterbatasan pengalaman dan pengetahuan . Oleh karena itu penulis mohon kritik
dan saran sebagai masukan sebagai penyempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca.
Palembang, Oktober
2013
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................ i
KATA PENGANTAR......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................... 1
1.1. Latar Belakang....................................................................................... 1
1.2. Rumusan Masalah.................................................................................. 2
1.3. Tujuan.................................................................................................... 2
BAB
II KAJIAN PUSTAKA ............................................................................. 3
2.1. Manajemen Pelayanan Kebidanan......................................................... 3
2.2. Perencanaan Dalam Manajemen Pelayanan kebidanan......................... 4
2.3. Unsur Pokok Perencanaan
Dalan Manajemen Pelayanan Kebidanan... 4
BAB III PENUTUP.............................................................................................. 7
3.1.KESIMPULAN...................................................................................... 7
3.2.SARAN.................................................................................................. 7
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Bidan dalam
pelayanan kebidanan mempunyai
peranan penting dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak dan sebagai ujung tombak
pemberi asuhan kebidanan. Dalam memberi asuhan, bidan sebagai individu yang
memegang tanggung jawab terhadap tugas kliennya,bio-psiko sosial.
Di tengah masyarakat,bidan juga berperan dalam memberi
pendidikan kesehatan dan mengubah prilaku masyarakat terhadap pola hidup dan
gaya hidup yag tidak sehat. Jadi tidak hanya memberi asuhan pada individu tapi juga
terhadap keluarga dan masyarakat.
Oleh karena itu ,bidan harus mempunyai pendekatan
manajemen agar dapat mengorganisasikan semua unsur unsur yang terlibat
dalam pelayanannya dengan baik dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak .
Manajemen kebidanan adalah proses
pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan pikiran
dan tindakan berdasarkan teori ilmiah, penemuan –penemuan, ketrampilan dalam
rangkaian/tahapan yang logis untuk pengambilan suatu keputusan yang terfokus
pada klien. (Varney, 1997)
Manajemen kebidanan terdiri dari beberapa langkah yang
berurutan, yang dimulai dengan pengumpulan data dasar dan berakhir dengan
evaluasi. Langkah-langkah tersebut membentuk kerangka yang lengkap yang bisa diaplikasikan dalam semua situasi.
Akan tetapi, setiap langkah tersebut biasa dipecah-pecah kedalam tugas-tugas
tertentu dan semuanya bervariasi sesuai dengan kondisi klien.
Mengingat pentingnya seorang bidan menguasai manajemen
kebidanan maka,dalam makalah ini akan kami bahas tentang “perencanaan
dalam manajemen Pelayanan kebidanan yang berkaitan Dengan input, proses dan
output”.
1.2.
Rumusan Masalah
a. Apa
pengertian manajemen pelayanan kebidanan.
b. Apa
unsur pokok dalam perencanaan pelayanan kebidanan
1.3.
Manfaat
a.
Memenuhi tugas
mata kuliah Organisasi dan Manajemen Pelayann Kesehatan
b.
Agar mahasiswa
mampu mengetahui tentang perencanaan manajemen pelayanan kebidanan yang berkaitan
dengan input, proses dan output.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
2.1.
Manajemen
Pelayanan Kebidanan
Dalam pelayanan kebidanan,
manajemen adalah proses pelaksanaan pemberian pelayanan
kebidanan untuk memberikan asuhan kebidanan kepada klien dengan tujuan
menciptakan kesejahteraan bagi ibu dan anak,
kepuasan pelanggan dan kepuasan bidan sebagai provider.
Pengelola pelayanan kebidanan memiliki standar
asuhan/manajemen kebidanan yang ditetapkan sebagai pedoman dalam memberikan
pelayanan kepada pasien.
Defenisi operasional:
a. Ada Standar Manajemen Asuhan Kebidanan (SMAK) sebagai
pedoman dalam memberikan pelayanan kebidanan.
b. Ada format manajemen kebidanan yang terdapat pada catatan
medik.
c. Ada pengkajian asuhan kebidanan bagi setiap klien.
d. Ada diagnosa kebidanan.
e. Ada rencana asuhan kebidanan.
f. Ada dokumen tertulis tentang tindakan kebidnan.
g. Ada catatan perkembangn klien dalam asuhan kebidanan.
h. Ada evaluasi dalam memberikan asuhan kebidanan.
i.
Ada dokumentasi utuk kegiatan manajemen kebidanan.
Manajemen
pelayanan kebidanan tentu saja mengambil sistem manajemen pada umumnya.
Dalam pelayanannya juga melaksanakan aktifitas manajemen
yaitu perencanaan,pengorganisasian, pengarahan,
kordinasi, dan pengawasan (supervisi dan evaluasi).
2.2.
Perencanaan Dalam
Manajemen Pelayanan kebidanan.
Perencanaan
Dalam Pelayanan Kebidanan Adalah suatu proses mempersiapkan secara sistimatis
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu .
Untuk
membuat perencanaan kita harus mengetahui si-a-bi-di-ba
·
Si
( siapa yg akan membuatnya )
·
A
( apa yg hrs direncanakan )
·
Bi ( bila dilaksanakan )
·
Di
( dimana tpt pelaksanaan )
·
Ba
( bagai mana hasilnya )
Pengorganisasian
dalam pelayanan kebidanan pengorganisasian, pengarahan, pengawasan,
pengkoordinasian dan penilaiaan terhadap sumber, tatacara dan kesanggupan yang
tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan terhadap kesehatan, perawatan
kedokteran serta lingkungan yang sehat dengan jalan menyediakan dan
menyelenggarakan berbagai upaya kesehatan yang ditujukan kepada perseorangan,
keluarga, kelompok dan atau masyarakat. (Dr. Suparyanto, 2009).
2.3. Unsur Pokok Perencanaan Dalan Manajemen Pelayanan Kebidanan
Perencanaan dalan manajemen pelayanan kebidanan merupakan bagian dari administrasi kesehatan,yang mana terdiri
atas 3 unsur pokok yaitu:
1. Input
Input
(struktur), ialah segala sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pelayanan
kesehatan, seperti SDM, dana, obat, fasilitas, peralatan , bahan, teknologi,
organisasi, informasi dan lain-lain. Pelayanan kesehatan yang bermutu
memerlukan dukungan input yang bermutu pula. Hubungan input dengan mutu adalah
dalam perencanaan dan penggerakan pelaksanaan pelayanan kesehatan.
Karakteristik
yang relatif stabil dari penyedia pelayanan kesehatan, alat dan sumber daya
yang dipergunakan, fisik dan pengaturan organisasi di lingkungan kerja. Konsep
struktur termasuk manusia, fisik, dan sumber keuangan yang dibutuhkan untuk
memberikan pelayanan medis”.
Struktur
digunakan sebagai pengukuran tidak langsung dari kualitas pelayanan.
Hubungan antara struktur dan kualitas pelayanan adalah hal yang penting
dalam merencanakan, mendesain, dan melaksanakan sistem yang dikehendaki untuk
memberikan pelayanan kesehatan. Pengaturan karakteristik struktur yang
digunakan mempunyai kecenderungan untuk mempengaruhi proses pelayanan sehingga
ini akan membuat kualitasnya berkurang atau meningkat. (Donabedian, 1980).
2. Proses
Beberapa pengertian tentang proses :
ü Proses
adalah Interaksi profesional antara pemberi pelayanan dengan konsumen
(pasien/masyarakat) (Depkes RI, 2001).”
ü Proses
adalah Suatu bentuk kegiatan yang berjalan dengan dan antara dokter dan
pasien”. (Donabedian, 1980).
ü Proses
adalah Semua kegiatan dokter dan tenaga profesi lainnya yang mengadakan
interaksi secara profesional dengan pasiennya. Baik tidaknya pelaksanaan proses
pelayanan di RS dapat diukur dari tiga aspek, yaitu relevan tidaknya proses itu
bagi pasien, efektivitas prosesnya, dan kualitas interaksi asuhan terhadap
pasien”.
ü Proses
yaitu semua kegiatan sistem. Melalui proses akan mengubah input menjadi output.
Proses, ialah interaksi
professional antara pemberi layanan dengan konsumen (pasien / masyarakat ).
Proses ini merupakan variable penilaian mutu yang penting. Proses adalah semua
kegiatan yang dilaksanakan secara profesional oleh tenaga kesehatan dan
interaksinya dengan pasien.
Penilaian terhadap proses adalah evaluasi
terhadap dokter dan profesi kesehatan dalam me-manage pasien. Kriteria
umum yang digunakan adalah derajat dimana pengelolaan pasien, konform dengan
standar-standar dan harapan-harapan masing-masing proses.
Sebagai contoh adalah
tindakan yang dilakukan saat menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Tindakan tersebut adalah tindakn
medis dan tindakan non medis
3. Output
Output Yaitu yang menunjuk pada penampilan (perfomance)
pelayanan kesehatan. Penampilan dapat di bedakan atas dua macam :
a. Penampilan aspek medis pelayanan kesehatan.
b. Penampilan aspek non medis pelayanan kesehatan.
Secara umum di sebutkan apabila kedua penampilan ini tidak sesuai dengan
standar yang telah di tetapkan maka berarti pelayanan kesehatan yang
diselenggarakan bukan pelayanan kesehatan yang bermutu.
Output/outcome, ialah
hasil pelayanan kesehatan, merupakan perubahan yang terjadi pada konsumen
(pasien/masyarakat), termasuk kepuasan dari konsumen tersebut. Hasil akhir
kegiatan dan tindakan tenaga kesehatan profesional terhadap pasien. Hasil
pelayanan kesehatan / medis dapat dinilai antara lain dengan melakukan audit
medis, review rekam medis dan review medis lainnya, adanya keluhan pasien, dan informed
consent.
BAB
III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Manajemen adalah proses pelaksanaan pemberian pelayanan
kebidanan untuk memberikan asuhan kebidanan kepada klien dengan tujuan
menciptakan kesejahteraan bagi ibu dan anak,
kepuasan pelanggan dan kepuasan bidan sebagai provider.
Perencanaan Dalam Pelayanan Kebidanan
Adalah suatu proses mempersiapkan secara sistimatis kegiatan yang akan
dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ada tiga unsure dalam
perencanaan Manajemen pelayanan Kebidanan yaitu input, proses dan output.
3.2. SARAN
Kami berharap mendapatkan
bimbingan dari dosen mata kuliah Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan,
dan teman-teman seperjuangan semester V yang bersifat membangun.
DAFTAR
PUSTAKA
http://74.125.153.132/search?q=cache:_PVgbZMixi0J:fikunik.blogspot.com/2009/07/manajemenkebidanan.html+perancanaan+dalam+manajemen+pelayanan+kebidanan&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id, Di publikasikan oleh http://diar13-midyuin08.blogspot.com/2010/02/makalah-organisasi-dan-manajemen.html
diakses
pada tanggal 30 oktober 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar